[solved] Dual boot Kali Linux with Windows 10 TP

Sudah lamaa ga ñge Blog nih.hehe..maklum kesibukan didunia perkuliahan,karena alhamdulillah saya berkesempatan untuk lanjut di jenjang Pascasarjana.

Langsung saja menuju pokok permasalahan. Baru baru ini saya coba install Kali Linux,maksud hati ingin dual boot dengan windows 10TP eh malah banyak masalah yg muncul..hampir 3hari 3malem saya "ngerjain tugas" ini..ga lebay sih,,ngomong apa adanya :). Tapi pokok permasalahannya adalah windows yang hanya support dengan hardisk dengan format GPT,sementara Linux dengan MBRnya. Ya apa ya?? Waktu saya kebingungan harus dengan cara bagaimana untuk bisa dual boot. Dan alhasil saya menemukan cara yang ternyata saya lupa record tutorialnya. Ada beberapa cara yang saya coba waktu itu. Dan mungkin bisa kamu coba juga karena saya lupa cara mana yang berhasil untuk install dual boot.

Tidak usah panjang lebar,silahkan coba cara berikut
Sebelum memulai alangkah baiknya kamu backup seluruh data yang ada di hardisk kamu,pake usb3 yaa(biar agak cepet backup-nya)

Cara pertama:
1. Install win10 kamu dengan hdd format GPT. Hapus semua partition yang ada di hdd kamu,buat 1(satu) partition saja untuk install win10 kamu (anggap aja kamu udah bisa install yaa :) )
2. Selanjutnya install Kali,nah permasalahannya Kali tidak bisa install dengan GPT mode.
3. Conver hdd kamu menggunakan tool free (contoh: eassus partition manager (kalo ga salah yaa :) ))
4. Saya anggap kamu udah berhasil convert hdd dari GPT ke MBR, langkah selanjutnya adalah install Kali,jangan lupa pilih manual partition yaa.bikin partition hdd komputermu di Kali Linux ini (d:data, e:master, dll)
5. Selesai

Cara yang kedua:
1.install win10 kamu,tapi tidak menggunakan format hdd GPT. Caranya emang agak rumit,karena kamu harus install menggunakan flashdisk,saya anggap kamu udah bisa merubah flashdisk jadi bootable, selanjutnya tancapkan fd,dan silahkan masuk ke bios, cari (saya agak lupa EFI/LFI mode) dan boot fd tadi melalui EFI/LFI mode tersebut.  Disini kamu bisa langsung install dengan MBR mode. Buat 1 partisi untuk install win10 kamu
2. Setelah instal win10 sukses, selanjutnya install Kali Linux kamu.
3. Jangan lupa manual partition yaa,buat partition hdd kamu disini. (d:data, e:master, dll)
4. Done

Nb: jika kedua cara diatas masih belum berhasil,silahkan otak atik sendiri cara diatas,tidak usah kawatir data hilang,karena udah dibackup sebelumnya.hehe..

Comments

Popular posts from this blog

EXE file structure

Introduction Maltego

Filesystem Structure